Pusat Dealer Mitsubishi

Alamat Dealer .......

Menu

KETAHUI PERAWATAN OLI TRANSMISI UNTUK NEW XPANDER TRANSMISI MANUAL

Thursday, March 24th 2022.

Dalam setiap mobil memiliki beberapa macam jenis cairan yang dibutuhkan, mulai dari pelumas mesin, air radiator, minyak rem hingga ke pelumas transmisi. Sayangnya belum banyak pemilik mobil yang belum memahami pentingnya melakukan perawatan dengan mengganti semua cairan-cairan pada mobil ini terutama untuk oli transmisi.

Oli transmisi digunakan untuk melumasi bagian komponen di dalam transmisi untuk bisa bekerja maksimal. Fungsinya sama seperti dengan oli mesin, hanya saja memang penggantian untuk oli transmisi ini tidak secepat oli mesin. Karena sistem transmisi ini merupakan komponen yang tertutup tidak ada kontak dengan udara, berbeda dengan mesin yang membutuhkan udara untuk menciptakan pembakaran.

Meski begitu oli transmisi juga tetap butuh penggantian secara rutin, dan bukan hanya untuk transmisi otomatis saja tapi untuk transmisi manual juga butuh perawatan ini. Masih banyak pemilik mobil manual yang kurang memperhatikan kualitas dari oli transmisinya, berbeda dengan mobil otomatis yang memang harus dijaga kualitas olinya secara berkala.

Perawatan berkala untuk transmisi manual ini berlaku bagi semua jenis mobil seperti juga di Mitsubishi Xpander. Panduan kapan waktu penggantian oli transmisi manual ini juga sudah ada di buku manual kendaraan.

Untuk Mitsubishi Xpander, penggantian oli transmisi manual ini dilakukan tergantung kondisi pemakaian sang pemilik. Jika pemakaiannya tergolong dalam pemakaian berat, maka diharuskan melakukan penggantian oli transmisi setiap 40 ribu km.

Namun jika pemakaian ringan atau normal, sebenarnya tidak perlu dilakukan penggantian oli transmisi manual hingga 100 ribu km. Oli transmisi yang digunakan adalah Mitsubishi Motors Genuine Oil Eco API GL-4 dengan SAE 75W-80. Namun pada rentang jarak tempuh 20 ribu km sekali akan dilakukan pengecekan pada kualitas oli transmisi manual ini.

Meski tidak perlu diganti sampai lebih dari 100 ribu km, namun Anda sebagai pemilik mobil juga sebaiknya mengenali gejala transmisi manual saat sudah tidak seperti biasa, jangan menunggu sampai merasakan kerusakan parah baru dilakukan penggantian oli ya.

Biaya untuk melakukan penggantian oli transmisi manual ini juga tidak terlalu mahal, karena transmisi manual tidak butuh oli sebanyak transmisi otomatis. Pasalnya Mitsubishi punya paket SMART yang berlaku bagi semua jenis Xpander dan juga Xpander Cross.

Pastikan untuk melakukan perawatan berkala untuk mobil Anda di bengkel resmi Mitsubishi sesuai dengan informasi yang tertera buku manual kendaraan. Selain itu, di bengkel resmi Mitsubishi Motors memiliki mekanik ahli yang mampu melakukan pengecekan dan menangani berbagai masalah pada mobil sesuai dengan standar prosedur pengerjaan dan dilengkapi dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan

Mobil Terbaru

Best Seller

Related Article KETAHUI PERAWATAN OLI TRANSMISI UNTUK NEW XPANDER TRANSMISI MANUAL